Minggu, 11 Juli 2010

sejarah lpm sinovia fk unhas



hi semuanya...milkysmile, kali ini saya akan sedikit membahas mengenai sebuah organisasi yang telah mendewasakan saya hingga seperti ini, namanya lpm sinovia fk unhas, lembaga yang bergerak di bidang jurnallistik di tataran kema fk unhas, kali ini saya akan membahas mengenai sejarahnya...

so... silahkan menikmati milkysmile milkysmile milkysmile

SINOVIA merupakan salah satu organisasi di lingkup Fakultas Kedokteran universitas Hasanuddin yang bergerak dalam bidang jurnalistik dengan slogan “Memediasi Komunikasi Yang Sehat”. Term “SINOVIA” diambil dari bahasa latin, yakni nama cairan sendi pada lutut yang membantu melicinkan pergerakan. Oleh karena itu SINOVIA sebagai lembaga pers mahasiswa juga diharapkan mampu memiliki fungsi pergerakan dengan tetap berlandaskan pada idealisme mahasiswa. Mengingat bahwa SINOVIA adalah lembaga pers mahasiswa kedokteran, maka setiap pergerakannya misalnya dalam hal pemberitaan sebagian besar mengacu pada aspek medis, namun tak menutup kemungkinanuntuk hal-hal diluar medis. Menilik sejarah ke belakang, saat awal pembentukannya atau saat kemunculannya sebagai media, SINOVIA berdiri pada tanggal 31 desember 1990, pada saat itu sinovia hadir dalam bentuk “bulletin”. Pemimpin Redaksi waktu itu adah Rudi S. Pontoh dan beliaulah yang dikenal sebagai pendiri SINOVIA.

Setelah tahun 1995 barulah SINOVIA terbit dalam bentuk “TABLOID” dengan Pemimpin Redaksi : Muh. Ahsan yang selanjutnya digantikan oleh Kamrullah yang kemudian mengundurkan diri dan diganti oleh Harifin Hafid dan selanjutnya di ambil alih oleh Fahriansjah. Kemudian, Fahriansjah digantikan oleh Wiwi Irawan digantikan oleh Aulia Rahman Basri. Pada tahun 2006, SINOVIA mencoba memunculkan majalah SINOVIA dengan kaloborasi berbagai warna di berbagai halamannya. Dulunya SINOVIA hanya sampul depan dan belakang saja yang warna sementara isinya berupa hitam putih.

Sekarang ini usaha pengembangan SINOVIA semakin banyak menghadapi tantangan diantaranya tuntutan moral untuk tetap terbit tapat waktu disela kesibukan perkuliahan dan semakin berkurangnya Sumber Daya Manusia yang mau memikirkan SINOVIA meskipun telah dilakukan perekrutan anggota baru. Meskipun demikian banyak kendala yang dihadapi, SINOVIA tetap berusaha untuk tetap eksis.

ini adalah bebrapa foto, dari senior2 yang telah membesarkan nama sinovia ^^b

2 komentar:

  1. Salut dan bangga buat kalian yang masih tetap peduli dan setia untuk SINOVIA. Semoga SINOVIA kita tetap hidup. Amin...
    Note: Sedikit koreksi buat postingannya, ada yang terlupakan antara Harifin Hafid (K' Ipink) dan Fahriansjah (Langgo) yaitu M.Irfan (K' Ippank), justru sosok inilah yang telah membawa banyak perubahan dari ide-ide cemerlang yang lahir darinya, mulai dari Sekolah Jurnalistik SINOVIA (sistem pengkaderan SINOVIA), perubahan dari tabloid ke majalah, sampai dipercayanya SINOVIA sebagai Tim peliput disetiap event seminar nasional dokter. Ini sedikit tambahan cerita mengenai SINOVIA dimasa K'Ippank.

    BalasHapus
  2. aduhhh... mati mi jah, kenapa bisa di lupa k' ippank di'??? makasih koreksi nya kanda....

    BalasHapus