Minggu, 07 November 2010

nyeri pada ulu hati


        Nyeri ulu hati adalah suatu nyeri yang berada pada bagian perut (abdomen), umumnya terjadi pada regio epigastrum, dimana organ-organ yang berada pada regio ini meliputi lambung, hati, dan kolon transversum. Sehingga sulit untuk mengetahui secara pasti apa penyebab terjadinya nyeri tersebut. Nyeri pada ulu hati dapat di kategorikan menjadi dua, eksternal dan internal. Eksternal jika diakibatkan oleh faktor-faktor luar misalnya terjadi trauma pada bagian abdomen sehingga mengakibatkan luka pada bagian organ dalam, sedangkan internal jika diakibatkan oleh penyakit yang “melekat” pada organ-organ epigastrium.

Umumnya nyeri ulu hati yg diakibatkan faktor internal meliputi penyakit-penyakit seperti gastritis, Pankreatitis, ulkus duodenum, ulkus gaster, kolesistitis, Ca Pankreas, hepatitis, obstruksi intestinal, abses subfrenikus, pneumonia, emboli paru, infark miokard.

Umumnya nyeri ulu hati jika di kaitkan dengan penyakit gastritis karena terjadi iritasi mukosa lambung sebagai kompensasi lambung. Lambung akan meningkat sekresi mukosa yang berupa HCO3, di lambung HCO3 akan berikatan dengan NaCL sehingga menghasilkan HCI dan NaCO3.

Hasil dari penyawaan tersebut akan meningkatkan asam lambung. Jika asam lambung meningkat maka akan meningkatkan mual muntah, maka akan terjadi gangguan nutrisi cairan & elektrolit. Atau Iritasi mukosa lambung akan menyebabkan mukosa inflamasi, jika mukus yang dihasilkan dapat melindungi mukosa lambung dari kerusakan HCL maka akan terjadi hemostatis dan akhirnya akan terjadi penyembuhan tetapi jika mukus gagal melindungi mukosa lambung maka akan terjadi erosi pada mukosa lambung. Jika erosi ini terjadi dan sampai pada lapisan pembuluh darah maka akan terjadi perdarahan yang akan menyebabkan nyeri dan hypovolemik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar